Minggu, 15 Mei 2016

Permainan Tradisional yang Dirindukan


Catatan Hari Minggu 15 Mei 2016
Hari ini bernostalgia kembali ke masa-masa tahun 90'an dimana Gatrik, Egrang, Congklak, Damdas,balap bakiak,dan Poces (Kelereng) masih menjadi primadona permainan yang akan selalu dilakukan setelah pulang sekolah ataupun di hari libur. Permainan yang sangat murah bahkan sebagian besar nyaris tidak perlu mengeluarkan biaya, mengherankan juga saat ini permainan itu bisa tegeser posisinya dikalangan anak-anak oleh permainan berbayar(playstation,game online,game android) dan bahkan cukup mahal serta nyaris tidak ada nilai edukasinya untuk anak.

Hari ini anak-anak Kampung Cibiru membuktikan permainan tradisional itu masih tetap menarik, seru dan mengasyikan. Tahukah anda, banyak nilai-nilai yang bisa diambil dari permainan itu mulai dari kerja keras, fokus, kerjasama tim, kepercayaan diri, sportivitas dan kejujuran.

Permainan tradisional ini sebetulnya bisa terus bertahan. Permainan yang tidak bisa sekedar copypaste gambar dari mbah google dan posting "masih ingat permainan ini?" atau "yang pernah main ini pasti masa kecilnya bahagia". Yaa tugas kita memberikan kebahagiaan kepada anak-anak generasi sekarang dan selalu terus mengenalkan permainan tradisional beserta filosofi yang terkandung didalam setiap permainan tersebut. kemajuan jaman bukan berarti harus menghilangkan hal-hal yang tradisional.

Semoga permainan tradisional yang dikenalkan kepada anak-anak di Rumah Baca Bambu Biru menjadi bagian keceriaan hari mereka.

Salam Bermain Ceria

Ifram Purnama Wira

1 komentar:

  1. Rindukah anda semua dengan permainan ini
    yu bergabung dengan @Rumah Baca bambu biru,,,
    di jamin seru habissss

    BalasHapus