Rabu, 22 Juni 2016

Bakiak di Kampung Egrang - Cibiru

                             

Kawan, tahukah kamu permainan tradisional bakiak? Apa enggak tahu? Ya Bakiak mungkin sudah jarang dimainkan pada era sekarang. Tetapi buat anak-anak yang masa kecilnya pada masa tahun 1990an, bakiak menjadi bagian keseharian mereka. 

So, mari kita simak apakah bakiak itu? Bakiak itu merupakan permainan sepasang sandal panjang terbuat dari kayu. Untuk memainkannya, perlu 3-4 orang pada sepasang bakiak. Para pemain secara bersama-sama melangkah ke garis finish. Permianan bakiak sangat dibutuhkan kekompakan, kawan. Kalau tidak kompak, ya akan menjadi kesulitan untuk keseluruhan tim. Ketika kita mulai melangkah, sedangkan teman lain masih belum mengangkat kaki. Maka mengakibatkan semua pemain akan terjatuh. Nah kenapa ya mesti kompak?


Nah, di balik permainan bakiak, sebenarnya ada nilai moral yang bisa kita petik. Menurut Kang Pibsa, pengelola Rumah Baca Bamboe Biru, permainan bakiak itu memiliki nilai untuk kita menjunjung tinggi rasa kebersamaan senasib sepenanggungan. Jika melakukan sesuatu secara bersama, makan hasilnya akan masksimal. 



Satu diantara tim sekolompok harus memiliki rasa kebersamaan yang kuat. Kita tidak bisa memaksakan langkah kita sendiri saja, tetapi harus seiring-seirama. Nah, kalau kita terjatuh, bisa bangkit lagi, dan saling menolong supaya bisa sama-sama melangkah sampai ke tujuan.

0 komentar:

Posting Komentar